Jumat, 22 Februari 2013

Konsep Mobil Murah.....................


Viar Siapkan Mobil Rp 30 Juta-an

Mobil Viar
Siapa bilang Tata Nano, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla mobil paling murah sekolong jagat. Viar Motor Indonesia (VMI) dan Industri Kecil Menengah (IKM)  Jawa Tengah memamerkan mobil konsep mobil mikro murah untuk rakyat pedesaan senilai Rp. 30 juta.


Kepala Pengembangan dan Penelitian Viar Motor Indonesia Heru Sugiantoro mengatakan mobil itu masih prototipe dan baru akan diproduksi tahun depan.  Model itu masih dalam tahap penyelesaian persyaratan administrasi seperti uji kelayakan dan uji emisi.

"Model ini sudah lulus proses NIK (nomor induk kendaraan) tinggal uji kelayakan dan uji emisi," kata Heru  di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 di Jakarta.

Perancang dan peneliti model protitipe itu, Widya Ariyadi, mengatakan karyanya ditujukan untuk masyarakat pedesaan yang bermayoritas berprofesi pedagang, perkebunan dan pertanian sekaligus mendukung rencana MP3EI  pemerintah.

Model itu hasil rancangan penelitian Universitas Negeri Semarang dan menggandeng VMI sebagai penyuplai mesin. "Harganya sekitar Rp. 30 juta atau setengah dari Harga Tata Nano karena menyasar masyarakat pedesaan," katanya.

Model itu menggunakan mesin sepeda motor Karya Viar yang berkapasitas 300 CC dengan transmisi manual dan 250 CC dengan transmisi matik CVT.

Model empat penumpang itu menghabiskan konsumsi bahan bakar 1 liter untuk 25 KM. Nantinya, model yang memiliki bobot 400 kg itu akan menggunakan layanan purna jual dan servis VMI.

"Mobilnya murah dan jaminan after salesnya jelas. Karena itu kami menggandeng Viar yang telah memiliki 647 dealer di seluruh Indonesia," katanya.

Meskipun murah, kami tetap mengutamakan kenyamanan dan ketangguhan, mengingat model itu akan digunakan di medan pedesaan. Model itu memiliki ban berukuran 14' dengan pemakaian komponen 60 persen impor dan 40 persen lokal.

"Suspensinya mirip Land Rover Defender dan sasisnya berasal dari Tegal," katanya.

Tidak ada komentar: