kakak-adik CB

CBR 125 yang hanya ada di Eropa sanaa...........


Keluarga CBR Yang Paling Bungsu..CBR 125.

Varian ini mungkin bisa di katakan ngimpi akan di masukkan ke Indonesia oleh AHM. Jika YIMM punya varian ‘ngimpi’ bagi biker tanah air berupa Yamaha R15,maka Honda CBR 125 ini juga nerupakan varian ‘ngimpi’ dari Honda untuk biker tanah air.    :D     Impas….     Jangankan CBR 125, varian ayago saja nggak ada kabarnya,to..? Padahal Indonesia punya basis mesinnya,yaitu mesin dari si CS 1....................
honda cbr 125  '2010  eropa
honda cbr 125 ’2010 eropa
Permasalahan mengapa CBR 125 ini tidak masuk Indonesia mungin pihak AHM lah yang lebih tahu,mas sayur nggak berani menebak-nebak,apalagi memberikan opini yang bisa jadi di anggap salah nantinya,dan malah di katakan sok tahu..    :D     *ngeles..padahal memang nggak tahu…
cbr 125 repsol '2012..   tampak nggak ada beda dengan cbr 150 cc.. beda mesin saja..
cbr 125 repsol ’2012.. tampak nggak ada beda dengan cbr 150 cc.. beda mesin saja..
Karena motornya nggak ada di sini,berarti kita hanya bisa menikmati gambarnya dan videonya saja..

........Pengen DOHC 150cc,… pilih mana Honda CBR150R vs CB150R …???

Well,… ada yang menanyakan ke juragan tentang keinginan meminang motor sportz 150cc… namun ia ingin nya engine DOHC …??? Budget yang ready sekitar Rp. 25 jutaan … kira-kira memilih yang mana …??? Yaaagh… yang pasti Suzuki Satria FU-150… dicoreeet… lha wong bukan motor sportz kok …!!! Tinggal memilih motor sportz Honda CBR 150R yang masih built up atau Honda CB150R sudah lokal …!!! So permasalahannya dibatasi kepada kedua motor sportz tersebut …!!! Yaaagh… juragan mencoba menganalisa berdasarkan kebutuhan konsumen tersebut… begini ceritanya …!!! :D
Jika dilihat memang segment keduanya berbeda… satu segment motor sportz berfairing harga Rp. 34 jutaan… yang satu motor sportz naked harga Rp. 22 jutaan …!!! Walaupun Honda CBR 150R ada edisi Repsol… dalam komparasi ini juragan mengeluarkan versi ini… mengingat harganya yang lebih tinggi Rp. 35 jutaan … dan si konsumen nggak terlalu fanatik dengan kelir Repsol …!!! Kalau soal power yaaagh jangan ditanya Honda CBR 150R lebih bertenanga ketimbang Honda CB150R … 17.8 PS vs 17 PS …!!! Memang jika bicara torsi… terlihat Honda CB150R lebih besar… walaupun bisa dilakukan penggantian sprocket belakang untuk Honda CBR 150R (biaya relatif murah red.) … untuk mendongkrak akselerasi …!!!
Dari rangka memang terlihat berbeda banget… diantara keduanya …!!! Honda CBR 150R menggunakan twin spar aka perimeter aka deltabox … sedangkan Honda CB150R menggunakan rangka truss frame …!!! Jika melihat sistem rangka dikaitkan dengan handling… juragan berpendapat rangka Honda CBR 150R lebih baik …!!! Analogi simplenya … monggo dilihat saza motor MotoGP menggunakan sasis / rangka model apa… dan yang paling banyak juara menggunakan type apa …???
Mengingat keduanya menggunakan sistem injeksi… namun Honda CBR 150R sudah ada O2 sensor aka close loop… sedangkan Honda CB150R masih open loop …!!! O2 Sensor ini berguna selain untuk optimalisasi pembakaran sehingga power dan efisiensi BBM optimum… juga lebih optimal terhadap emisi …!!!  Walaupun Honda CB150R menggunakan sistem Secondary Air Supply System (SASS) untuk ‘emisi compliant’… namun fungsinya nggak bisa sepenuhnya menggantikan O2 Sensor …!!! Selain itu Honda CBR 150R telah menggunakan sistem idle air control valvez (IACV) sehingga bisa otomatis… sedangkan Honda CB150R masih manual puter-puter …!!!
Persoalan ban yang memberikan efek kekar… dan juga tampilan plus mempengatuhi handling …!!! Ban Honda CBR 150R memang lebar dan gagah… ban depan ukuran 100/80-17, sedangkan belakang menggunakan ukuran 130/70-17 …!!! Bandingkan dengan ban Honda CB 150R yang menggunakan ukuran ban depan 80/90-17 dan ban belakang ukuran 100/80-17 …!!! Belum lagi ukuran diameter velg nya sudah beda … Honda CBR 150R menggunakan velg 3.5 inches untuk belakang… sedangkan si CB150R menggunakan ukuran 2.5 inches… !!! Sedangkan velg depan.. CBR150R menggunakan ukuran 2.5 inches sedangkan Honda CB150R menggunakan ukuran 1.8 inches…  so jika harus modif harus kepikiran soal velg dan ban … untuk menampilkan kesan kekar …!!!
Bagaimana dengan suspensi …??? Naaagh walaupun sama-sama menggunakan sistem monoshock untuk suspensi belakang … namun Honda CB150R menggunakan sistem prolink… yang memang relatif lebih ‘canggih’ … dimana dengan sistem pro link ini traksi ban belakang lebih ‘mantap’ ketimbang tanpa Pro link … disamping bisa meredam getaran yang lebih baik …!!! Teknologi pro link ini memang banyak diterapkan untuk product motor sportz Honda … pertama kali diterapkan pada product Honda CBR600RR di tahun 2003 …!!!
Last,… dari plus minus komparasi kedua product tersebut… yaaa juragan menyarankan agar memilih Honda CBR 150R … !!! Yaaagh kalau kekurangan dana… yaaa bisa kredit atau nggak nabung dulu sebentar… jika keinginannya motors sportz engine DOHC 150cc …!!! Namun demikian… kembali teserah si konsumen… coz setiap konsumen mungkin punya pertimbangan sendiri … betuuul …??? :D

Nahh, ini yang terjago, the CBR250 Series..........

Kata kunci dan tujuan dari recall sebuah produk adalah memperkuat kepercayaan pelanggan… dengan ‘kepedulian’ produsen akan produknya akan menjadikan nilai plus brand itu di mata konsumen(gak tau juga budaya kita gitu atau tidak) karena kalau ditanah air, recall imagenya adalah “produk gagal” , gak layak,juelekkk ….!!! :mrgreen:
Walau memang recall adalah ada hubungannya dengan teknis namun disisi lain adalah merupakan kesempatan pabrikan untuk “mencitrakan” kembali produknya di media…seolah gaungnya akan terdengar kembali… pencitraan bukan berarti sisi negatif loh ya… ibarat mirip juga dengan iklan… dengan tema..”kepedulian produsen” dan beritanya akan naik lagi di pemberitaan… itu kalau di luar negeri… karena disono, recall justru membuat konsumen nyaman (kalau diluar negeri… ntahh di marih) hal ini sangat strategis ditengah gempuran pasukan silent attack Ninja…..!!!


Tidak ada komentar: