Banyak orang slalu banyak ingin tahu, gmn sih cara seting karbu vakum, apa lagi jaman sekarang sepeda motor keluaran baru semua menggunakan sistem karburator vakum, yuk cari tau, cekidot..
pertama tama pada saat kondisi mesin dingin, putar setelan angin ke kanan sampai mentok searah jarum jam. jika sudah buka kembali setelan angin ke arah berlawanan sebanyak 1-2 putaran, itu hanya untuk menghidupkan mesin. setelah itu hidupkan mesin sampai mencapai suhu ideal selama 10 menit.
jika mesin sudah mencapai suhu kerja putar stasionernya mencapai 1.700Rpm. selanjutnya putar setelan anginberlawanan arah searah jarum jam untuk mencari putaran mesin tinggi, kalau di putar menutup putaran mesin'a malah turun jgn di teruskan, tapi justtru di putar ke kanan malah sebaliknya sambil rasakn perubahan putaran mesinnya.kalau sudah pas tarik gas 2-3 kali.
contoh :
Putaran mesin berebet atau dari knalplot ada suara menenbak waktu gas di tutup atau tidak . jika tidak ada brarti penyetelan angin sudah benar. sebaliknya bila mesin brebet brarti debit udaranya masih kurang sehingga setelan angin di buka sedikit lagi, sementara knalpot nembak,tandanya debit udara terlalu banyak setelan angin perlu di tutup sedikit. jika sudah pas seting stasioner kembali menjadi 1.700 Rpm
Sebelum era injeksi , sepeda motor dengan system pengkabut BBM Karburator Vakum didesain untuk meraih efisiensi penggunaan BBm sesuai kevakuman pada mesin , oleh karenanya pada karburator jenis Velocity Continous atau sering juga disebut ( CV) di bagian atas kepala karburator terdapat karet membran yang bisa mengembang- kempis dan membuka jarum skep sesuai vakum yang ditimbulkan oleh pergerakan piston dalam mesin , sementara besarnya bukaan gas diatur oleh thorttel valve yang terhubung oleh handle gas
Nah seiring usia , pemakaian jenis karbu ini sering dikeluhkan oleh pengguna motor bertype karbu vakum , diantaranya keluhan kurang responsive ataupun gejala mbrebet , atau gas ngemposs & serasa nyangkut , sebenarnya banyak kasus yang menjadi penyebab , diantaranya bisa kotoran yang mengndap pada saluran karbu & settingan udara & jetting yang kurang tepat …..
namun ada satu penyebab lagi yang jika tidak dilakukan penggantian part maka penyakit tidak akan sembuh ! , yaitu jika karet membran rusak, sobek atau sudah berubah bentuk & kelenturannya , penyebabnya juga macam macam , selain termakan usia , salah satu penyebabnya karena salah perlakuan / prosedur saat service & pengbongkaran karburator vakum , tahukah anda? Karbu Vakum haram hukumnya diletkan terbalik saat service !
sesaat setelah di lepas dari mesin & di keluarkan bensin dari mangkuk karbu masih ada sisa cairan bensin disaluran salurannya , nah jika meletakkan karbu secara terbalik dilantai misalnya ( kepala karbu yang diletakkan di dasar lantai ) seperti gambar no 1 , maka cairan bensin akan mengalir & membasahi karet membran , tahu kan sifat Bensin terhadap karet ? membran bisa melar & berubah kelenturannya
oleh karenanya selalu lakukan prosedur dengan benar , awasi & ingatkan jika ada mekanik yang meletakkan karbu secara terbalik!
nah sedikit tips jika sebelum dibongkar akan meletakkan karbu vakum , carilah tepian suatu benda atau tembok, & sandarkan karbu hingga posisi aman & tegak ……
sedangkan untuk penyimpanan jika karbu di copot & tidak dipakai dalam waktu yang lama , cleaning / bersihkan semua area daleman karbu hingga bersih & keringkan dengan air compressed hingga benar2 kering , simpan dalam wadah / tempat tertutup rapat
#contoh gambar no 1 , kalau karbu vakum di atas yang deketan sama mendoan … itu adalah karbu vakum si Paijo yang sudah saya keringkan & disimpan di dalam box , jadi kalau sudah kering ya tak masalah :
4 komentar:
Di putar kekanan / menutup setelan angin mesin gak mau menurun kenapa ?
Ganti oli sama Filter Oli.nya mas Herdy... kasusnya sama kaya si Fu punya q.. di tutup mlah gede gas.nya...
Mio sporty saya kok di kenalpot nembak itu kalau setelan anginya gimana ya?
Apa hubungannya karbu sama filter oli?
Posting Komentar