Jumat, 05 April 2013

Rear disc brake Byson bermasalah


rear disc brake
Walau setelah dikocok-kocok, rem belakang kembali bekerja (walau tidak maksimal) namun kejadian ini tidak boleh dibiarkan terulang kembali. Jadi setibanya di Bekasi penulis segera mengunjungi bengkel untuk mengecek apa yang sebenarnya terjadi. Ternyata kanvasnya habis, hitam, nyaris tinggal besinya saja. Harus diganti. Namun anehnya setelah diganti kanvas, remnya tetap kurang pakem. Diagnosis montir, piringan (disc) harus diganti juga. Rupanya (anali
sis nya si montir) karena RDB nya bukan bawaan dari pabrik, maka antara kaliper dan disc mengalami proses menyesuaikan diri dimana discnya telah “tercetak” sesuai dengan format yang digoreskan oleh kanvas rem yang lama. Jadi begitu kanvas nya diganti, “cetakan” tersebut tidak sama lagi. Memang rear disc nya sudah licin bergelombang. Ya sudah, kata penulis. Ganti saja.
Setelah diganti piringan yang baru memang remnya sudah lebih enak. Namun  masih belum betul-betul mantap rasanya. Kata montirnya, tunggu dulu pak. Perlu beberapa waktu agar piringan tersebut tercetak sesuai bentukan kanvas rem yang baru. Entah benar entah tidak. Ada yang tahu penjelasan lain?
Ini penampakan RDB nya sebelum piringannya diganti. RDB nya sendiri terdiri dari master rem Nissin, kaliper after market, piringan Suzuki Satria, selang dan tabung minyak rem after market.
Gambar
Ini penampakan RDB nya setelah piringannya diganti yang baru. Tetap menggunakan piringan Suzuki Satria

Tidak ada komentar: