Jumat, 05 April 2013

Modif CS1 Ayam Jago (Sonic Wannabe)


Masih ingatkan sedulur semua mengenai postingan saya yang ini. Yach akhirnya setelah banyak berpikir & disertai galau juga, saya yang ikut keracunan model ayago akhirnya memasukkan CS1 saya ke Rumah Sakit untuk Operasi Plastik.  Yupp Operasi Modif CS1 menjadi Ayam Jago. :) .  Waktu yang dibutuhkan lumayan lama juga, dari rencana awal perkiraan cuma 3-4 hari ternyata molor sampai 2 minggu karena berbagai hal.

Terus apa saja ubahan yan diperlukan untuk Modif CS1 Ayam Jago ini? akan coba saya beberkan apa saja yang diperlukan & beberapa bagian yang dirubah pada CS1 saya. Berikut beberapa Part yan diperlukan :
1. Joint Set Satria FU (Shock Set + Under Bracker, Upper Bracket & stang)
2. BOdy tengah Satria FU
3. Head Lamp Sonic (bisa juga Satria FU)
4. Oil Shock
5. Saklar Lampu R & L
6. Gas Spontan (bisa juga menggunakan gas standar FU)
7. Handle Kopling.
8. Kunci Kontak Satria FU
9. Baut dan beberapa plat.
Untuk Proses Modif CS1 Ayam Jago ini pertama merubah shock depan yang sebelumnya berupa Cub (bebek) menjadi Sport. Disini harus membongkar Shock depan baik Asli CS1 maupun Satria, Kedua Shock di oplos Fork Pipe (As) menggunakan Satria dikombinasikan Bottom Case (Tabung) menggunakan CS1, untuk seat pipenya (sulingan) saya menggunakan asli CS1. Kemudian isi oli dengan volume 105 +5/-2 ml sesuai Volume oli Satria FU.
Lanjut lagi Pasang Under Bracket & upper Bracket (segitiga). Ada sedikit kombinasi komstir & bola besi (gotri-red) Cs1 & FU, disini saya kurang jelas bagaimana mekanik mengakalinya, yang jelas tanpa menggunakan part lain untuk bagian komstrir ini.  Kemudian kunci kontak saya juga menggunakan Satria FU supaya pas dengan Upper Bracketnya.  Nah disini ada ubahan yaitu dudukan Lampu CS1 dan dudukan Kunci Kontak Harus dipotong karena bertabrakan dengan bracket & Pipe, Pemotongan serapi mungkin agar sewaktu-waktu mau dikembalikan standar tinggal di Las lagi.
Untuk Speedo meter saya tetap menggunakan speedometer asli CS1 pemasangannya dengan menggunakan dua buah plat untuk menghubungkan speedo meter dengan baut stang dibawah upper bracket.
Langkah Selanjutnya Elektrikal, nah disini yang memakan waktu agak lama, maklum kami tidak punya diagram wiring CS1 maupun saklar Satria FU jadi harus meraba-raba saat proses penyambungan kabel Saklar, Lampu, Sein dan Klakson. Setelah proses elektrikal selesai kemudian pemasangan Head Lamp Sonic. Disini juga pinter-pinter mekanik untuk membuat dudukan plat agar posisi baut pas. Sebenarnya ada alternatif yang mudah jika menggunakan Head Lamp Satria FU, tinggal pasang dudukan head lamp Satria FU juga.
Lanjuttt lageee.. Setelah saklar dipasang pas.. tinggal pemasangan handle Rem (Ori CS1), Kopling dan Gas Spontan (Daytona). Untuk bagian yang ribet-ribet selesai, Terakhir pemasangan Body. Ada ubahan dibawah leher stang yaitu dudukan untuk baut body. kemudian dibagian engine cover juga menggunakan sedikut plat untuk dudukan baut.  Sipp beres selesai.
Dari hasil modif CS1 ayam Jago yang saya lakukan masih ada kekurangan yaitu bagian bawah Jok. Karena namanya juga menggunakan part motor lain jadi sudah pasti tidak selalu pas.  Di bawah Jog bagian depan masih bolong sehingga tangki bensin terlihat. Mungkin bisa diakali dengan menggunakan Body Custom, sayang saya belum nemu yang custom untuk CS1 ini,
Dari hasil modif ini, untuk ergonomy bisa dibilang mirip-mirip Satria FU rada membungkuk. enak untuk selap-selip & hawanya pengen narik terus :lol: . Tetapi untuk saya satu kelemahan saat ketemu macet, Boyok’e pegel masssss…!! (Punggung pegel) Tobat kalau ketemu macet, faktor U(sia) memang ga pernah bohong :mrgreen:

5 komentar:

bernard mengatakan...

habis berapa biaya nya mas?

Raito Yagami mengatakan...

Murah paling 500 Rebu sama ongkos pasang, asal ga ngerubah yang macem macem.

Unknown mengatakan...

Masa si cuman 500ribu? Itu 500ribu terima bersih smua nya gan?

Raito Yagami mengatakan...

Kalo cuma body aja iya Bodi FU saya beli 350k 250k bodi reguler 150k head lamp ongkos pasang 100k total 500k.
[URL=http://imgbox.com/GQxtLmIO][IMG]https://0-t.imgbox.com/GQxtLmIO.jpg[/IMG][/URL] [URL=http://imgbox.com/noKde6CQ][IMG]https://0-t.imgbox.com/noKde6CQ.jpg[/IMG][/URL] [URL=http://imgbox.com/d2PiLwQ8][IMG]https://0-t.imgbox.com/d2PiLwQ8.jpg[/IMG][/URL] [URL=http://imgbox.com/BrCon4ot][IMG]https://9-t.imgbox.com/BrCon4ot.jpg[/IMG][/URL]

Badillah mengatakan...

Itu di daerah mana gan