Sabtu, 23 Februari 2013

Kakak Ce'Be'Er dari Jepang Ditiru sang "penjiplak" dari Cina............adobted from motor+


DAN INILAH SANG MINERVA R150VX..................................
Setelah diluncurkan, kurang lengkap kalau tidak menengok secara detail perubahan New Minerva R150VX. Dengan harga jual yang naik Rp 1 jutaan menjadi Rp 17,5 juta, ada banyak yang baru. Yuk sama-sama melihatnya dari dekat.

Secara desain, New Minerva R150VX memang banyak berubah. Dari fairing misalnya, garisnya sudah berbeda. Paling mencolok adalah lampu depannya, kini dihiasi LED sesuai dengan teaser yang banyak beredar sebelumnya.

Agak mundur, bentuk buntut lebih sporty. Sekilas mirip Yamaha YZF-R15 dengan jok berundak dan desain bodi yang pipih meruncing. Sedang lampu belakang juga dijejali LED. Keunggulannya, lebih terang tapi butuh arus listrik lebih kecil.
"Kalau bodi semua baru, tapi rangka dan kaki-kakinya tetap sama," buka Jasin Jazid dari divisi teknik PT Minerva Motor Indonesia (MMI). Sok depan upside down, suspensi belakang monoshock dan dual disk brake tetap dipertahankan.

"Rangkanya tetap deltabox dengan sedikit perubahan untuk engine mounting. Karena mesin benar-benar baru jadi dudukannya agak berbeda," lanjut pria ramah ini. Mesin baru ini tidak seperti yang dipakai pada X-Road 150S. "Kalau X-Road 150S adalah penyempurnaan dari mesin Minerva R150VX yang lama, sedang ini benar-benar baru," jelas Jasin.
Perbedaan paling mendasar ada pada perubahan konfigurasi bore x stroke-nya. Kalau sebelumnya pakai piston 61 mm dan memiliki stroke 49,5 mm dan kapasitas silindernya 147 cc. Yang sekarang diameter pistonnya 57,3 mm dan stroke 57,8 mm, hampir square dengan kapasitas ruang bakar 149 cc.

"Yang baru ini torsinya lebih besar. Tarikan awalnya enak banget," promo Jasin saat ditemui di sela launching New Minerva R150VX. Kini torsinya jadi 15,8 Nm di 6.000 RPM, naik drastis dari versi sebelumnya yang hanya 10,5 Nm pada 7.000 rpm.
Sedang powernya enggak beda jauh. Yang lama 13,5 ps di 9.500 rpm, sekarang mencapai 14,8 ps pada 8.000 rpm. Tapi karena bisa dikail dari putaran mesin lebih rendah, seharusnya akan lebih asik dikendarai sekaligus hemat bahan bakar.

"Karena tenaga dan torsi lebih besar makanya kami berani memperlebar ukuran ban. Sekarang yang belakang pakai ukuran 130," ungkap Jasin penuh percaya diri. (motorplus-online.com) 

SPESIFIKASI MESIN BARU NEW R150VX
ENGINE MODEL: CBF
ENGINE TYPE: SINGLE CYLINDER, 4 STROKE, OIL-COOLING, COUNTER-SHAFT
STARTER TYPE: ELECTRIC/ KICK
IGNITION: CDI
BORE: 57,3 mm
STROKE: 57,8 mm
DISPLACEMENT: 149 cc
COMPRESSION RATIO: 9.2:1
MAX POWER/ RPM: 14.8 PS / 8000 RPM
MAX TORQUE/ RPM: 15.8 Nm / 6000 RPM

Spesifikasi Teknis Minerva R150 VX

Mesin: SOHC Silinder tunggal dengan oil cooler dan engine balancer
Jenis Kopling: Multiplate. Kopling Basah
Final Rasio: 2,533
Diameter x Langkah torak: 61 x 49.5
Tenaga Maksimum: 13.5 PS / 9.500 rpm
Torsi Maksimum: 10.5 Nm / 7.000 rpm
Rasio Kompresi: 9.2 : 1
Pengoprasian Gigi: 1-N-2-3-4-5
Pengapian: Digital CDI dengan Electric dan Kick Starter
Tipe Batterai: 12 V-7 AH
Panjang x Lebar x Tinggi: 1982 x 675 x 935 mm
Jarak Sumbu Roda: 1365 mm
Jarak Terendah: 195 mm
Berat Kosong: 115 kg
Beban Maksimum: 150 kg
Kapasitas Tangki: 12 Liter
Suspensi Depan: Upside down
Suspensi Belakang: Mono Shock
Rem Depan dan Belakang: Disc Brake Double Piston
Ban Depan: 80/90-17
Ban Belakang: 120/70-17




....................DAN KALAU DI MODIFIKASI JADI BEGINI............


Aneka Foto Modifikasi Minerva R150VX, Biar Makin Cakep Sob …

Sumber : Minerva-ID on Facebook
Assalamu’alaikum …
Bosan juga sob kalau terus bahas soal motor-motor pabrikan Jepang doank, kini saatnya NP juga bahas tentang motor non pabrikan Jepang, yaitu motor sport keluaran Minerva. Walaupun menurut NP asal-usul pabrikan Minerva masih kurang jelas (China, Jerman, atau … ?), tapi motor-motor sport keluarannya cukup bagus lho …
Coba tengok saja si Minerva R150VX, itu motor sport berfairing yang ciamik tenan desainnya. Berbekal model full fairing, lampu projector di depan, body belakang ala motor sport yang nungging, dan desain sportynya, bikin NP seneng liatnya. Apalagi versi yang uda dimodif, wuiiihhh … Makin ciamik dan cantik sob … !!!
Biar gak bikin lebih penasaran, coba lihat foto-foto modifikasi yang menimpa Minerva R150VX ini deh :
Sumber : Minerva-ID on Facebook
Sumber : Minerva-ID on Facebook
Sumber : Minerva-ID on Facebook
Sumber : Minerva-ID on Facebook
Sumber : Minerva-ID on Facebook
Sumber : Minerva-ID on Facebook
Sumber : Minerva-ID on Facebook
Sumber : Minerva-ID on Facebook

Wuiiihhh … Cakep-cakep kan … ? Dari standartnya aja uda cakep, 





 















Tidak ada komentar: